Latar Belakang Serangan Umum 1 Maret 1949

Latar Belakang Serangan Umum 1 Maret 1949

Peristiwa penyerangan umum tanggal 1 Maret 1949 merupakan bukti perjuangan Bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan NKRI. Terjadinya peristiwa tersebut tidak lepas dari ambisi Belanda untuk menguasai Indonesia bahkan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Berbagai upaya dilakukan Belanda untuk membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui perundingan yang berdampak negatif terhadap NKRI, antara lain dengan Invasi Militer Belanda Kedua yang terjadi pada tahun 1948. Dimulai pada tanggal 19 Desember di Yogyakarta dan dimaksudkan untuk meluas ke Republik Indonesia. Tersebar informasi bahwa Republik Indonesia dan tentaranya sudah tidak ada lagi sehingga memberikan alasan bagi Belanda untuk merebut kembali Indonesia.

Letnan Jenderal Simon Hendrik Spoor, yang saat itu menjadi panglima pasukan Belanda di Indonesia, mulai mengeluarkan perintah kepada seluruh pasukan Belanda di Jawa dan Sumatra untuk menyerang Yogyakarta, ibu kota Indonesia saat itu. Invasi yang dikenal juga dengan Operasi Krai atau Gagak ini merupakan operasi terakhir Belanda terhadap Indonesia

Menanggapi invasi militer Belanda yang kedua, pasukan TNI mulai menyusun strategi untuk menarik pasukan Belanda dari Indonesia.
Sejak dimulainya invasi militer kedua, TNI telah melakukan empat serangan secara bersamaan.

Dalam melakukan serangan gerilya di berbagai wilayah Yogyakarta, TNI juga bekerja sama dengan para pemimpin sipil Partai Republik yang berbasis di Yogyakarta, termasuk Sultan Hamenku Buwono IX.

Kemudian, pada awal Februari 1949, Sultan mendengar kabar di radio BBC bahwa masalah Indonesia akan dibahas pada forum PBB pada Maret 1949. Untuk memberi isyarat kepada dunia internasional bahwa Republik masih ada, Sultan memberikan gagasan untuk melancarkan serangan habis-habisan pada tanggal 1 Maret 1949.

Serangan ini diharapkan dapat mengungkap keberadaan Republik Indonesia dan TNI kepada dunia, khususnya anggota Dewan Keamanan PBB.

Kemudian, pada tanggal 14 Februari 1949, Sultan mengadakan pertemuan rahasia dengan Letkol Soeharto untuk membahas rencana penyerangan. Dalam pertemuan tersebut, Sultan menanyakan kepada Letkol Soeharto kemampuannya dalam melakukan penyerangan habis-habisan dan siap dalam waktu dua minggu.

Usai pertemuan tersebut, Letkol Soeharto mulai mempersiapkan kekuatan Distrik Militer ke-3 yang terbagi menjadi tujuh distrik paramiliter di Yogyakarta, dan mulai mempersiapkan berbagai rencana penyerangan.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

Scroll to Top