kolonial

DAMPAK KOLONIALISME DI BIDANG PENDIDIKAN

Tahukah anda tentang kolonialisme merupakan pemahaman tentang penguasaan oleh suatu negara/bangsa terhadap daerah/wilayah lain dengan maksud memperluas wilayah. Dilatarbelakangi kolonialisme oleh keinginan untuk menjadi bangsa yang terkuat, menyebarkan agama dan ideologi, dan keinginan mencari sumber kekayaan alam.

Berikut ini beberapa dampaknya :

  • Pendidikan mulai dianggap penting saat kebijakan Politik Etis

Perhatian pemerintah kolonial Belanda terhadap pendidikan dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor-sektor swasta dan pemerintahan. Tetapi, sekolah-sekolah yang didirikan pemerintah menganut sistem pendidikan barat dan hanya bisa dimasuki oleh kalangan bangsawan. Usaha–usaha yang dilakukan oleh kolonial Belanda dalam bidang pendidikan tidak lain adalah untuk keuntungan pemerintahan Belanda,

  • Ketidakmerataan masyarakat

Masa itu yang dapat menerima pendidikan dan pendidikan yang cenderung ke politik pada masa penjajahan. Sedangkan dampak positifnya adalah golongan pelajar mulai lahir di Indonesia, menurunnya tingkat buta huruf pada masyarakat Indonesia sehingga mereka mampu bekerja dan masyarakat Indonesia tidak lagi buta dengan keadaan diluar Indonesia.

  • Usaha–usaha yang dilakukan oleh kolonial Belanda

Dalam bidang pendidikan tidak lain adalah untuk keuntungan pemerintahan Belanda, yaitu menghasilkan pegawai administrasi Belanda yang murah, terampil, dan terdidik. Selain itu Pemerintah Belanda menyusun kurikulum pendidikannya sendiri, akibatnya perkembangan pendidikan dan pengajaran di Indonesia sampai abad ke–19 menunjukkan kecenderungan Politik dan Kebudayaan.

Baca juga: 7 ALASAN MENGAPA SEPAK BOLA BANYAK DI GEMARI

  • Pada Sekolah

Dampak pada pendidikan dapat dilihat dari adanya sekolah-sekolah Kristen yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Minahasa dan Jawa. Dampak lain adalah munculnya beberapa orang pribumi yang mengenyam pendidikan sampai gelar doktor di Belanda, salah satunya yakni Hoesein Djajadiningrat.

  • Dampak Bidang Pendidikan Pada era politik etis

pemerintah kolonial membuat munculnya simbol baru yang disebut sebagai kemajuan.Pada bidang pendidikan, tidak hanya diberikan bagi orang-orang Belanda saja, akan tetapi juga diberikan kepada masyarakat Indonesia meski dengan syarat-syarat tertentu. Kemajuan yang ada melalui program pendidikan didukung dengan adanya beberapa surat dari R.A Kartini kepada . R.M. Abendanon sebagai kolonial di sebuah negara seperti halnya belanda.

1 komentar untuk “DAMPAK KOLONIALISME DI BIDANG PENDIDIKAN”

  1. Pingback: PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI GENERASI MUDA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top