JPG

BENTUK BENTUK DARI NASIONALISME

Bentuk-bentuk dari nasionalisme, nasionalisme juga ada beberapa bentuk. Tahukah kalian apa yang di maksud dengan nasionalisme? Nasionalisme merupakan ajaran atau paham buat mencintai bangsa dan juga negri sendiri.

Berikut ini beberapa bentuk-bentuknya :

Nasionalisme Budaya
Hal ini ditandai dengan kebenaran politik dari budaya bersama, bukan dari sifat keturunan yakni warna kulit, ras, dan juga sebagainya. MIsalnya yaitu negara Cina yang terbangun berdasarkan persamaan budaya. Unsur ras dikesampingkan jadinya golongan minoritas tetap dianggap sebagai rakyat negara Tiongkok. Kesediaan Dinasti Qing buat memakai adat istiadat Tionghoa membuktikan keutuhan dari nasionalisme budaya.

Nasionalisme Etnis
etnonasionalisme atau nasionalisme ialah di mana negara mendapatkan kebenaran politik dari budaya asal / etnis sebuah masyarakat. Keanggotaan sebuah bangsa bersifat turun-temurun. Misalnya, Arzal terlahir dari suku jawa jadinya dia berbicara memakai bahasa jawa sebab bahasa tersebut digunkan oleh keluarga dan juga orang-orang sekitarnya.

Nasionalisme Agama
Hal ini terbentuk sebab negara mendapatkan legitimasi politik dari persaman agama. Contohnya di Irlandia, nasionalisme bersumber dari sebuah persamaan agama masyarakatnya yakni agama Katolik.

Nasionalisme Kewarganegaraan
Merupakan nasionalisme di mana negara mendapatkan kebenaran politik dari partisipasi aktifnya rakyat. Keanggotaan sebuah bangsa bersifat sukarela. Bentuk nasionalisme tersebut berawal dari Jean-Jacques Rousseau dan juga menjadi bahan dari tulisannya.

Nasionalisme Romantik
Adalah bentuk nasionalisme etnis di mana negara mendapatkan kebenaran politik sebagai sebuah yang alamiah dan juga adalah salah satu ekspresi dari bangsa / ras. Nasionalisme romantik menitikberatkan atau menggaris tebalkan pada budaya etnis yang selaras dengan idealisme romantik.

Baca juga : INFORMASI KOMPETISI GRATIS KPGN

3 komentar untuk “BENTUK BENTUK DARI NASIONALISME”

  1. Pingback: PENTINGNYA NASIONALISME DI ERA MODERN

  2. Pingback: TUJUAN DARI PENYERANGAN UMUM 1 MARET 1949

  3. Pingback: SEJARAH DARI HARI KEHAKIMAN NASIONAL

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top